Manfaat Menggunakan Aplikasi Stock Barang Pada Bisnis Grosir

Secara umum, bisnis grosir merupakan salah satu usaha yang paling banyak peminatnya. Dengan pemilihan lokasi yang baik dan modal yang cukup, lini bisnis ini memiliki ROI yang terbilang menggiurkan. Namun, untuk pengelolaan gudang masih banyak yang menggunakan cara manual, alias tidak menggunakan aplikasi stock barang.

Banyak dari bisnis grosir yang tumbang sehingga tidak mampu melanjutkan bisnisnya akibat menganggap remeh pengelolaan gudang. Sering kehabisan stock, tanggal kadaluarsa yang tak terkontrol, hingga kesulitan mengatur keluar masuknya barang adalah kendala umum di bisnis grosir yang masih mengelola stock barang secara manual.

Inilah pentingnya bisnis grosir menggunakan aplikasi stock barang. Di perusahaan grosir yang memiliki lebih dari satu gudang, mustahil bisnis mereka bisa berjalan tanpa didukung oleh aplikasi stock barang. Lalu, apa saja yang membuat bisnis grosir sangat tergantung dengan aplikasi stock barang? Berikut ini lima di antaranya:

1. Memperbaiki Kualitas Laporan

Berkembang atau tidaknya bisnis retail anda sudah pasti diketahui dari laporan yang datang ke meja anda, sang pemilik perusahaan. Baik atau tidaknya keputusan yang anda buat sangat tergantung dari baiknya kualitas laporan, yang tentu saja sulit dicapai dengan pengelolaan stock barang secara manual.

Dengan metode manual, anda masih mengandalkan staf anda untuk pembuatan laporan. Seperti yang kita pahami bersama, kualitas laporan tersebut tergantung dari kemampuan staf anda dalam membuatnya. Hal ini membuat laporan anda tidak memiliki standar yang pasti dan cenderung berubah-ubah setiap saat.

Namun tidak demikian halnya jika anda menggunakan aplikasi stock barang. Laporan anda tidak tergantung dengan kemampuan staf anda karena yang membuat laporan tersebut adalah sistem. Cara ini menjadikan laporan anda memiliki standar kualitas yang bisa Anda pertahankan dari waktu ke waktu.

2. Meminimalisir Human Error

Pekerjaan admin atau inventaris adalah tugas yang sangat membosankan. Ini dikarenakan staf admin atau inventaris dituntut untuk melakukan hal yang sama dari waktu ke waktu. Akibatnya, staf tersebut akan rentan melakukan kesalahan atau human error.

Aplikasi stock barang akan meminimalisir kesalahan staf anda secara tidak sengaja. Dengan fitur barcode, pencatatan dan pendataan barang akan menjadi lebih cepat dan mudah. Aplikasi ini akan meningkatkan efisiensi pekerjaan staf anda sehingga mereka tak merasa bosan saat melakukan pekerjaannya.

3. Low Stock Notification

Tak ada yang lebih merugikan dibandingkan dengan momen di mana anda kehabisan stock barang yang dicari pelanggan anda. Saat hal ini terjadi, sudah pasti pelanggan setia anda akan beralih pada kompetitor yang dapat menyebabkan keuntungan anda pun melayang.

Inilah pentingnya fitur low stock notification yang terdapat di aplikasi stock barang. Fitur inilah yang paling banyak pemilik bisnis grosir cari. Pada saat persediaan sebuah barang menipis, aplikasi ini akan mengirimkan sebuah email atau melalui push notification pada ponsel anda. Praktis bukan?!

4. Audit Inventaris menjadi Lebih Mudah

Audit adalah sebuah proses penting yang harus bisnis grosir lakukan dari waktu ke waktu. Selain untuk mengetahui ketersediaan barang di gudang, audit juga penting untuk mendata item mana yang mendekati tanggal kadaluarsa.

Namun, proses audit inventaris sangatlah memakan waktu, apalagi bagi bisnis grosir yang punya banyak gudang. Jika anda punya lima ribu barang di satu gudang, dan perusahaan anda punya 4 gudang, dan setiap bulannya anda harus melakukan audit inventaris, bisa dibayangkan seperti apa tingkat stress dari staf yang melakukan pekerjaan tersebut.

Dengan aplikasi stock barang, proses ini bisa dilakukan secara otomatis. Cukup menggunakan laptop, data yang anda butuhkan akan tersaji dalam hitungan menit. Cepat, mudah, dan yang pasti; stress free.

5. Meminimalkan Biaya Operasional dan Meningkatkan Keuntungan

Mengontrol inventaris juga penting jika ingin meminimalkan biaya simpan stock. Mengapa? karena biaya menyewa gedung untuk menyimpan stock barang itu akan memakan biaya yang cukup mahal. Selain itu, kontrol inventaris yang baik juga dapat meminimalkan terjadinya penimbunan stock barang yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan.

Penggunaan aplikasi stock barang tentunya akan sangat mempermudah Anda dalam menjalankan kegiatan operasional bisnis. Sebab, aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan tingkat stock, memperbarui stock barang, dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentunya akan mengurangi pengeluaran biaya bagi perusahaan.

6. Manajemen Multi-Gudang

Aplikasi stock barang memudahkan anda untuk mengontrol semua gudang yang anda miliki dari satu tempat. Sebab, aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola persediaan yang tersimpan pada banyak gudang yang tersebar di beberapa lokasi. Sehingga, Anda tak perlu lagi meminta data dari masing-masing kepala gudang untuk mengetahui berapa banyak stock yang tersedia pada setiap gudang yang anda miliki.

Dengan fungsi penyimpanan cloud server, anda bisa mengontrol setiap gudang bisnis retail anda kapan saja dan di mana saja, selama anda memiliki koneksi internet. Daripada menggunalan dokumen kertas, aplikasi stock barang jauh lebih aman dari kemungkinan tercecer atau hilang.

Mengelola Stock Barang Lebih Mudah dan Praktis dengan Jurnal

Jurnal adalah salah satu software yang dapat diandalkan untuk mengelola stock barang secara mudah dan praktis. Apa saja yang menjadi keunggulan Jurnal?

  • Fitur lengkap mulai dari penyimpanan daftar stock, perhitungan stock, fitur multi gudang dan lain sebagainya.
  • Terintegrasi dengan pengelolaan akuntansi sehingga setiap pencatatan akan otomatis masuk ke dalam laporan keuangan.
  • Terintegrasi dengan 5 aplikasi POS.
  • Data dapat diakses secara realtime sehingga mampu memonitor pergerakan stock kapan pun dan di mana pun.
  • Mendapatkan pemberitahuan jika stock akan segera habis yang memastikan stock selalu cukup.
  • Dapat mengetahui produk terlaris sehingga dapat mengoptimalkan keuntungan.
  • Mampu memonitor jumlah stock dari waktu ke waktu.
  • Pencatatan yang akurat.
  • Dapat melakukan konsinyasi dari satu gudang ke gudang lain dengan mudah
  • Sertifikasi ISO/IEC 27001 menjamin keamanan dan kerahasiaan semua data sesuai standar internasional.

Jurnal adalah software yang mengatasi berbagai permasalahan stock barang Anda. Untuk info lebih lanjut mengenai aplikasi stock barang dan aplikasi gudang dari Jurnal yang memudahkan Anda dalam mengelola stock barang, silahkan kunjungi websitenya di https://jurnal.id

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stock barang gudang. Penggunaan aplikasi stock barang dan aplikasi gudang tentu sangat membantu pengelolaan stock barang. Semoga bermanfaat.